Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Kunjungi TVRI Stasiun Gorontalo

Studio Konten Media Baru Stasiun TVRI Gorontalo | ? (Hidayatullah) 16/06/2024

Goron talo, 14 Juni 2024 – Mahasiswa Jurusan Komunikasi dan Penyuaran Islam dari sebuah perguruan tinggi terkemuka di Gorontalo melaksanakan kunjungan edukatif ke stasiun TVRI Gorontalo. Kunjungan ini dipandu oleh dosen pengampu mata kuliah Teknik Penyuaran, Hidayatullah, MIKom.

Kunjungan dimulai dengan tur ke beberapa fasilitas utama stasiun TVRI, termasuk Ruang Studio dan Master Control. Mahasiswa tidak hanya melihat, tetapi juga berpartisipasi langsung dalam praktik produksi program berita “Gorontalo Hari Ini”. Dalam kegiatan ini, mereka mendapat pengalaman langsung sebagai kameramen, penyiar, operator switcher, dan audio mixer. Hal ini memberikan gambaran nyata kepada mereka tentang bagaimana dunia kerja di bidang penyiaran.

Studio Konten Media Baru Stasiun TVRI Gorontalo | ? (Hidayatullah) 16/06/2024

Salah satu highlight dari kunjungan tersebut adalah tur ke Ruang Studio KMB (Konten Media Baru), sebuah unit baru di TVRI Gorontalo. Di studio ini, mahasiswa diperkenalkan dengan peralatan yang sangat modern, termasuk kamera PTZ yang tidak memerlukan operator. Studio ini dirancang khusus untuk produksi podcast, yang isinya disiarkan melalui media online, menyesuaikan dengan perkembangan teknologi terkini.

Hidayatullah, MIKom, menjelaskan “Kunjungan ini diharapkan dapat membuka wawasan mahasiswa tentang bagaimana teknologi terus berkembang dan bagaimana penerapannya dalam industri penyiaran. Dengan pengalaman langsung seperti ini, mereka bisa lebih siap menghadapi dunia kerja nantinya,” .

Para mahasiswa sangat antusias selama kunjungan berlangsung. Mereka aktif bertanya dan berdiskusi dengan para profesional di TVRI Gorontalo mengenai tantangan dan peluang di industri TV saat ini.

Kunjungan ini memberikan pengalaman berharga dan motivasi bagi mahasiswa untuk terus belajar dan mengikuti perkembangan teknologi di bidang komunikasi dan penyiaran. Hal ini diharapkan dapat membantu mereka dalam mengaplikasikan ilmu yang diperoleh di bangku kuliah ke dunia kerja secara optimal.(kaf)